Uniknya Budaya di Raja Ampat

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang di suatu wilayah dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang. budaya diwariskan secara turun temurun. Begitu juga dengan budaya di Raja Ampat. Mulai dari pakaian, agaman, bangunan, bahasa serta karya seni suatu budaya sangatlah beragam. Raja Ampat sendiri memiliki beranekaragam budaya yang sangat unik yang harus kamu tahu. Lalu apa saja sih keunikan budaya di Raja Ampat?

Dari segi agama, Raja Ampat memiliki masyarakat yang memeluk agama Kristen dan Muslim. Bahkan dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk dua agama tersebut. Oleh karena itu jangan heran ketika melihat masyarakat Raja Ampat rukun antara satu dengan yang lain. Karena mereka mengikuti budaya di Raja Ampat yang tetap mereka pegang teguh sehingga mereka bisa tetap berdamai meskipun berbeda keyakinan. Di Raja Ampat ada barang yang menjadi pipa perdamaian yaitu permen atau pinang. Jika kita datang ke Raja Ampat dan membawa dua barang ini, mereka akan merasa senang dan tentu saja kita akan diterima di lingkungan mereka dengan baik. Lain halnya jika kamu ingin memasuki tempat ibadah mereka, kamu harus berpakaian serapi dan sesopan mungkin dan harus meminta izin terlebih dahulu. Apalagi jika sedang ada upacara ibadat, Anda harus ditemani oleh masyarakat lokal jika ingin masuk ke dalam gereja atau masjid.

Keunikan lain yang tentu sudah diketahui oleh banyak orang adalah, budaya di Raja Ampat dalam berpakaian. Pakaian tradisional yang mereka kenakan adalah koteka. Koteka merupakan penutup kemaluan laki-laki yang terbuat dari kulit labu air yang sudah dibuang bijinya. Akan tetapi di era yang modern ini, banyak dari mereka yang menggunakan pakaian seperti pada umumnya. Meski demikian, bagi kamu yang berkunjung ke Raja Ampat harus memperhatikan pakaian kamu juga, terlebih ketika kamu akan melakukan penyelaman. Jangan hanya menggunakan bikini atau pakaian mini lainnya. Pastikan kamu menggunakan pakaian yang sopan meskipun sedang menyelam, kamu bisa meniru pakaian yang digunakan oleh masyarakat di sana. Hal ini ditujukan agar mereka tidak tersinggung dengan pakaian yang kamu gunakan.

Beragam budaya di Raja Ampat yang sangat menarik perhatian. Seperti banyaknya suku yang mendiami kepulauan surga ini. Dengan bahasa yang berbeda-beda pula. Namun mereka tetap rukun satu sama lain. Akan tetapi ketika terjadi perselisihan, mereka memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan sengketa. Mereka akan menyelesaikan berdasarkan hukum-hukum adat. Biasanya tokoh masyarakat merekalah yang akan turun langsung. Hal unik lainnya adalah perumahan yang mereka diami. Hampir semua penduduk Raja Ampat tinggal dalam rumah yang beratapkan daun sagu. Biasanya rumah ini dibangun di atas pohon dengan ketinggian 10-30 meter dari permukaan tanah. Pasalnya hal ini bertujuan untuk menghindari dari binatang buas.

Tertarik untuk mengunjungi Raja Ampat? Jangan lupa untuk menghubungi raja ampat holidays untuk kesini, Tidak hanya mendapatkan kesenangan karena melihat keindahan alamnya saja, melainkan pengalaman bercengkrama dengan penduduk dengan budaya di Raja Ampat yang masih kuat dijalankan.