Bunga Adenium

Adenium ataupun kamboja jepang, bunga ini bersal dari asia barat sampai afrika. Sebutan disana adalah mawar padang pasir. Karena berasal dar daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibandingkan terlalu basah. Disebut sebagai adenium karena salah satu tempat berasal adenium adalah daerah aden, ibukota yaman.

Masyarakat Indonesia sendiri sering menamakan adenium sebagai kamboja jepang, mungkin hal ini dikaitka dengan steretipe yang beredar luas. Contohnya buah-buahan yang besar biasanya disebut sebagai Bangkok, sedangkan tanaman yang kecil-kecil disebut sebagai jepang. Oleh Karena itu, jika dahulu kala sudah ada kamboja yang sosok tanamannya tinggi besar maka begitu ada tanaman yang sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah sebagai kamboja jepang, Kontraktor Pembuatan Taman.

Sebenarnya kamboja adalah jenis plumeria, kerabat jauh dari adenium. Beberapa perbedaan antara adenium dengan plumeria adalah sebagai berikut :

  • adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  • plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan daoat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.

Beberapa spesies asli adenium yaitu :

  1. adenium arabicum, cirinya bentuk bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang muncul dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna paduan putih dan pink, kecil ( diameter petal kurang dari 5 cm )
  2. adenium obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan agak memanjang ke atas, satu batang tumbuh di atas bonggol, di atas batang muncul percabangan. Bunga berwarna paduan merah dan putih, berbunga besar( lebih dari 5 cm)

Dan jenis-jenis adenium yang lainnya adalah adenium socoratum, adenium swazicum, adenium somalense, adenium bohemianum.

Penyerbukan pada tanaman ini sudah bisa dilakukan dengan bantuan manusia. Penyerbukan pada angin disebut dengan bunga anemophilous dan dengan bantuan serangga disebut entomophilus dan dengan bantuan manusia yaitu dengan cara memindahkan benang sari ke putik bunga. Untuk menghasilkan pembuahan yang fertile membutuhkan dua jenis tanaman yang berbeda genetiknya. Penyerbukan dikatakan berhasil apabila telah terjadi buah yang membesar berbentuk seperti tanduk.

Demikianlah penjelasan tentang bunga adenium ataupun kamboja jepang, semoga dapat menambah pengetahuan tentang bunga ini.