Trend Terbaru 2017! Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Tour dan Travel

Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Tour dan Travel –

Keberhasilan dalam menjalankan bisnis tur dan travel terletak pada pemasarannya. Pemasaran yang kreatif dan menarik bisa mendorong bisnis anda ini akan berjalan dengan baik. Jenis pemasaran yang bisa dilakukan pun bermacam macam, mengikuti trend yang ada.

Menemukan media pemasaran yang terbaik adalah rahasia dapur anda dalam kesuksesan bisnis tour and travel. Dan cara cara yang dilakukan untuk memasarkan dagangan tur dan travel anda pun pasti berbeda dengan orang lain. Meski mungkin juga sama namun ada yang pasti berbeda dari setiap pemasar pemasar tersebut.

Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Tour dan Travel

Untuk mendapatkan cara terbaik memasarkan paket wisata anda, perlu dilakukan beberapa split test. Split test atau percobaan secara massal bisa membantu anda untuk menemukan strategi yang terbaik. Split test yang anda lakukan ini misalnya anda menggunakan beberapa metode promosi untuk pemasaran. Sebagai contoh skema kasus ada beberapa metode sukses bisnis tour and travel dibawah ini.

1. Skema Pemasaran Manual
Kita bisa bilang metode pemasaran yang ini sedikit old-school karena jika dilirik medianya masih menggunakan model model pemasaran lama. Untuk pemasaran jenis ini, biasanya menggunakan brosur, flyer atau poster poster yang ditempelkan di lokasi lokasi strategis. Lokasi yang strategis misalnya pusat perbelanjaan, kampus kampus dan kompleks perkantoran.
Kelebihan dari metode ini adalah bisa menjaring pelanggan baru oleh sales sales masketing atau SPG. Kemudian para sales ini dapat menjelaskan lebih detail mengenai detail paket promo wisata atau umroh misalnya.
Kekurangannya adalah makan banyak biaya. Tentunya untuk menyewa stand di pusat perbelanjaan selama beberapa waktu membutuhkan dana yang lumayan. Belum lagi mempekerjakan SPG secara lepas.

2. Skema Pemasaran Digital
Pemasaran digital di era sekarang menjadi cara yang praktis dan lebih murah jika dibandingkan dengan metode lama alias sebar brosur. Sebenarnya teknik pemasaran paket wisata jenis ini tidak berbeda dengan sebar brosur. Hanya saja bentuk brosurnya menggunakan media digital.

Gambar gambar atau video dalam bentuk digital pada masa ini lebih menarik dan memiliki konversi tinggi jika dibandingkan dengan metode sebar brosur yang lama. Anda pun bisa menggunakan website, account media social, promo melalui iklan di Facebook Ads atau Google Ads.

Kelebihan dari teknik ini terletak pada jangkauan massa yang lebih luas, bukan hanya orang yang lewat didepan anda. Kemudian biaya yang lebih murah tentunya, mengingat untuk campaign selama satu minggu saja memerlukan biaya kurang dari dua ratus ribu rupiah. Berbeda jauh dari harga ketika menyewa sebuah tempat dan membayar pegawai lepas.

Kekurangannya terletak pada anda sendiri. Anda bisa menjadi sebuah kekurangan jika anda kurang bisa membuat sebuah media promosi yang menarik. Kemudian pemilihan demografi dan keyword membutuhkan riset khusus sehingga bisa mendapatkan winning campaign. Untuk ini anda bisa mempekerjakan seorang Digital Marketer lepas yang dapat membantu anda menjalankan semuanya.

3. Skema Media Buying
Media buying atau membeli media bisa dibilang sama dengan beriklan. Beriklan di koran, TV, media baru seperti Facebook Ads, Google Ads, atau Youtube Ads. Namun yang membedakan adalah, anda lebih kearah “menyewa” seseorang untuk mempromosikan anda. Misalnya ada seorang buzzer Facebook yang sudah memiliki jutaan follower mengiklankan gambar grafis anda di postingannya.

Kelebihan dari skema ini adalah lebih terpercaya karena anda secara tidak langsung di endorse oleh seseorang yang terkenal. Kemudian bisa mendapatkan pasar yang tertarget tergantung pada jenis buzzernya.
Kekurangannya adalah, tidak adanya standart khusus untuk harga buzzer. Bisa berbeda setiap buzzer. Anda perlu meneliti terlebih dahulu sebelum menggunakan mereka untuk mempromosikan paket wisata anda.