Bagaimana penyakit ginjal bisa mempengaruhi kebutuhan nutrisi saya yang lain?

Jika Anda menderita penyakit ginjal, memenuhi kebutuhan nutrisi Anda mungkin lebih mudah dari perkiraan Anda. Caranya adalah memahami apa yang bisa Anda makan dan apa yang harus Anda kurangi atau hapus dari makanan Anda.

Makan porsi protein yang lebih kecil, seperti ayam dan daging sapi, penting dilakukan. Diet kaya protein dapat menyebabkan ginjal Anda bekerja terlalu keras. Mengurangi asupan protein Anda dengan mempraktikkan kontrol porsi dapat membantu.

Sodium dapat meningkatkan rasa haus dan menyebabkan Anda minum terlalu banyak cairan, atau menyebabkan pembengkakan tubuh, yang keduanya buruk bagi ginjal Anda. Sodium adalah bahan tersembunyi dalam banyak makanan kemasan, jadi pastikan untuk membaca labelnya. Alih-alih meraih garam untuk memberi makan hidangan Anda, pilihlah ramuan herbal dan bumbu lainnya yang tidak termasuk sodium atau potasium.

Anda mungkin juga perlu membawa pengikat fosfat dengan makanan Anda. Hal ini dapat mencegah kadar fosfor Anda menjadi terlalu tinggi. Jika tingkat ini terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan penurunan kalsium terbalik, yang menyebabkan tulang lemah.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk membatasi kolesterol dan asupan lemak total Anda. Bila ginjal Anda tidak menyaring secara efektif, mengonsumsi makanan dalam komponen ini lebih sulit pada tubuh Anda. Menjadi kelebihan berat badan karena diet yang buruk juga bisa menambah tekanan pada ginjal Anda.

Dapatkah saya tetap makan di luar jika saya menderita penyakit ginjal?

sakit buah pinggang

Image result for kidney health today
Anda mungkin menemukan makan di luar untuk menjadi tantangan pada awalnya, tapi Anda dapat menemukan makanan ramah ginjal di hampir semua jenis masakan. Misalnya, daging panggang dan panggang dan makanan laut adalah pilihan bagus di sebagian besar restoran Amerika. Anda juga bisa memilih salad dan bukan sisi kentang seperti kentang goreng, keripik, atau kentang tumbuk.

Jika Anda berada di restoran Italia, lewatkan sosis dan pepperoni. Sebagai gantinya, patuhi salad dan pasta sederhana dengan saus non-tomat. Jika Anda makan makanan India, pergi ke cawan kari atau ayam Tandoori. Pastikan untuk menghindari lentil.

Selalu minta garam tambahan, dan belilah saus dan saus yang disajikan di sampingnya. Kontrol porsi adalah alat yang sangat membantu. Anda biasanya bisa memesan porsi kecil jika makanan terlalu tinggi sodium atau potassium.

Beberapa masakan, seperti Cina atau Jepang, umumnya lebih tinggi sodium. Memesan di restoran jenis ini mungkin memerlukan lebih banyak kemahiran. Pilihlah piring dengan dikukus, bukan goreng, nasi. Jangan menambahkan kecap, saus ikan, atau apapun yang mengandung MSG ke makanan Anda.

Daging Deli juga tinggi garam dan harus dihindari.