Desain pintu minimalis modern

Definisi pintu tentu tidaklah perlu lagi dijelaskan secara detail dan rinci disini bahkan fungsinya pun pasti Anda pun mengetahuinya. Tentu saja pintu bukan hanya jalan masuk ataupun pemisah ruangan, tetapi juga sebagai jalan pintas dari satu ruang ke ruangan lainnya di dalam rumah. Sebagian besar orang memiliki rumah berkonsep minimalis modern, maka disini pun kami akan membahas tentang bagaimana mendesain pintu minimalis modern. Rumah berkonsep model rumah minimalis modern tentulah desain pintu pun juga mengikuti dan disesuaikan dengan konsep rumahnya agar terkesan cocok dan serasi. Ada hal yang harus diperhatikan dalam mendesain pintu minimalis modern.

Mempertimbangkan Bahan, Desain dan Warna

Khusus rumah berkonsep minimalis maka penggunaan pintu sedikit dibatasi karena harus disesuaikan dan diselaraskan dengan konsep rumah minimalis yang secara umum terbatas terhadap luas ruangan, atau jumlah ruangan cenderung lebih sedikit. Meskipun banyak desain pintu rumah minimalis yang cantik untuk ruang tamu dan ruang keluarga, tetapi penggunaan pintu pemisah antara ruang tamu dan ruang keluarga sangat tidak dianjurkan. Penggunaan pintu sebagai sekat pemisah kedua ruang ini secara otomatis harus menggunakan dinding, karena hal ini akan membuat ruangan terkesan sempit. Untuk memisahkan fungsi ruang tamu dan ruang keluarga pada rumah minimalis Anda sebaiknya memilih untuk menggunakan sekat gorden atau dapat juga menggunakan buffet dari material kayu yang dikombinasikan dengan aksesoris atau pajangan unik. Hal ini tentu akan membuat ruang tamu terlihat modern.

Apapun bentuk, model, dan ukuran pintu rumah minimalis, pilihan dan penggunaannya tentu saja tergantung dari selera masing-masing pemilik rumah. Namun ada 2 poin yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membuat atau membeli pintu rumah, yaitu:

  • Bahan

Bahan adalah unsur yang terpenting pada pintu rumah, sebab hal ini yang akan ikut menentukan faktor keamanan dan kenyamanan rumah. Karena pintu bukan hanya sebagai media lalu lintas dalam rumah, tetapi juga harus dapat berfungsi sebagai media pengamanan rumah. Pintu rumah harus dibuat dari bahan yang memang teruji secara kualitas. Untuk pintu rumah yang memenuhi standar keamanan bahan yang paling tepat adalah kayu solid. Namun jika dana Anda tidak mencukupi, Anda dapat memilih menggunakan material lain, misalnya PVC atau aluminium. Yang pasti semua material pintu tersebut harus dapat memenuhi standar keamanan bagi penghuni rumah.

  • Desain dan Warna

Setelah bahan berkualitas untuk pintu sudah dipenuhi, kemudian Anda sebaiknya mempertimbangkan sisi desain dan warna pintu. Warna untuk setiap pintu rumah minimalis berbeda-beda, biasanya menyesuaikan warna dinding di sekitarnya. Contohnya warna pintu utama (pintu depan) pilihan warnanya lebih cocok disesuaikan dengan warna cat eksterior atau luar ruangan. Begitu juga dengan untuk pintu dalam ruangan, warnanya juga bisa menyesuaikan dengan warna interior ruangan.

Meskipun desain model pintu rumah minimalis yang indah banyak sekali pilihannya, tetapi sebaiknya pintu utama menggunakan model 2 daun pintu supaya terlihat modern seperti model pintu rumah mewah. Sedangkan untuk pintu kamar tidur, kamar mandi, dan dapur cukup menggunakan model 1 daun pintu saja. Berikut ini kami akan berikan beberapa contoh desain pintu rumah minimalis modern yang kami dapat dari berbagai sumber.

Demikian beberapa contoh desain pintu minimalis modern, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.